selamat datang

SELAMAT DATANG

Selasa, 20 Maret 2012

SEJARAH KESEHATAN MENTAL

Sejarah kesehatan mental ada 2 tokoh perkembangan kesehatan, yaitu Dorothea lynde dix dan Clifford whitt ingham beers. Kedua tokoh tersebut banyak mendedikasikan hidup dalam bidang gangguan mental dan pertolongan bagi orang-orang susah dan lemah

Dorothea lynder dix lahir pada tahun 1802 dan wafat pada tahun 1887. Ia adalah guru di massoehussets. Yang sangat menaru perhatian pada orang-orang yang mempunyai gangguna mental. Dorothea sangat terkejut dan menolak pemandangan yang mengingat kita pada kondis mengerikan yang harus di hadapi orang-orang yang melakukan reformasi di erropa beberapa abad sebelumnya. Kunjungan pertama ia adalah dengan system penjara. Banyak sekali orang-orang yang mengalami gangguan psikologi di penjarakan tahana penjara di rantai di dinggding tidak ada pemanasan yang disediakan untuk mereka dan mereka di paksa hidup dengan kotoran. Pemandangan ini cukup membuat Dix melakukan serangkai perjalanan penelitihan selama 40 tahun Dix berjuang untuk memberi pertolongan dan treatmen ke pada orang-orang yang mengalami gangguan mental dapat di perlakukan secara lebih manusiawi.

Pekerjaan Dix merupakan factor yang sangat penting dalam membangun kesadaran masyarakat umum untuk memperhatikan ke butuhan para penderita gangguan mental berkat usahanya yang tak kenal lelah dan putus asa, Dix mendirikan hampir 32 rumah sakit jiwa di Amerika Serikat. Ia layak mendapatkan gelar atau apresiasi sebagai slah satu wanita besar di abad 19.

Pada tahun 1909, gelar kesehatan mental secara formal mulai bermunculan selama dekade tahun 1900-1990 beberapa organisasi kesehatan mental didirikan seperti (ASHA) dan American Federation Forsex Hygien.

Perkembangan gerakan di bidang kesehatan mental ini tidak lepas dari jasa Clifford whittingham beers (1876-1943) bahkan karna jasanya itu ia di nobatkan sebagai “The Founder Of The Mental Hygiene Movement” Dia terkenal karna dalam bidang pencegahan dan pengobatan gangguan mental dengan cara yang sangat manusiawi.

Dedikasi Beers yang begitu kuat dalam kesehatan mental di pengaruhi juaga oleh
pengalamanya sebagai pasien di beberapa rumah sakit jiwa yang berbeda. Selama di rumah sakit , Ia mendapatkan pelayanan atau pengobatan dengan cara keras dan kasar. Karna pada masa itu belum ada perhatian terhadap masalah gangguan mental apalagi pengobatanya.

Setelah mendapatkan selama 2 tahun di rumah sakit, Ia mulai memperbaiki dirinya dan selama tahun terakhir sebagai pasien, Ia mulai mengembangkan gagasan untuk membuat satu gerakan untuk melindungi orang-orang yang mengalami gangguan mental, setelah ia kembali dalam kehidupan yang normal, Tahun 1908 ia menindak lanjuti keinginannya dengan mempublikasikan sebuah tulisan Autobiografi sebagai mantan penderita gangguan mental yaitu yang berjudul “ Amind That Found It Self”. Buku ini di sambut baik oleh William James sebagai pakar psikologi. Di dalam buku tersebut ia memberi korerasi terhadap program pelayanan atau pelakuan treatmen yang di berikan pada pasien di rumah sakit yang di pandang tidak manusiawi yang di tetapkan olehnya di National Committee For Mental Hygiene.




DAFTAR PUSTAKA :

1. Richard, susan krauss. 2009. Psikologi Abnormal. Jakarta : Salemba
Humanika

2. Kholil Rochman Lur. 2010. Kesehatan Mental. Purwokerto : Fajar
Media Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar